Sep 26, 2012

Surviving Winter Days

First post ku setelah DocCii pasang template baru. Lama-lama terbiasa juga ngeliat yang polos-polos. Hahahaha. Oke lah... saya mengalah untuk tidak dengan liciknya mengganti template ini dengan template lama di tengah malam buta :-p

Anyway posting ini dibuat karena seorang temanku, Rara, sedang galau memikirkan kulitnya yang kering akibat cuaca autumn di Germany. Hehehe. This post is made specially for you, Ra ;-)

Penurunan suhu udara memang paling menyebalkan karena bisa bikin kulit kering banget. Gak hanya kulit tubuh dan wajah, tapi udara dingin bisa membuat bibir pecah-pecah dan kuku jadi rapuh. Gejala-gejalanya sudah bisa mulai dirasakan saat autumn atau musim gugur, dimana kelembaban udara sudah mulai sangat menurun.

Well, sekedar berbagi tips, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari flaky skins; chapped lips; atau dry nail in autumn or winter days. I'll write them in pointers so it'll be easier to read ^^

1. Jangan mandi dengan air hangat!
Sedingin apapun, apalagi saat kita mau keluar dari rumah, jangan pernah mandi pakai air hangat atau air panas. Tempting memang berendam di air hangat di tengah udara dingin, tapi kulit kita akan menjadi kering saat membasuh tubuh dengan air panas atau hangat. Kalau terpaksa sekali pakai air panas atau hangat, cukup usapkan saja handuk yang sudah di rendam dengan air panas ke tubuh kita.

Kalau saranku sih, gak usah sering-sering mandi! Hihihi. That's what I do to survive the winter days. Mandi paling sering seminggu 2 kali. Sisanya cuma mandi ala dede bayi, pakai washlap (dengan air suhu ruangan) yang udah disabunin terus dibilas dengan washlap bersih yang direndam di air suhu normal. Hehehehe.

2. Scrubbing kulit setidaknya dua kali seminggu
Pas ada kesempatan untuk mandi, biasanya aku scrubbing menggunakan sea salt atau lulur Purbasari yang aku bawa dari Indonesia :-p Fungsinya adalah untuk membuang sel kulit mati yang menumpuk yang bikin kulit kering dan terlihat flaky. Bibir juga ikut di exfoliate alias di scrub juga ya. Kalau bibir bisa pakai campuran madu dan gula pasir. Abis di scrub, langsung jilatin aja madu dan gula pasirnya :-D

3. Pakai moisturiser / pelembab
Setelah exfoliate atau scrub, jangan lupa untuk selalu memberi kelembaban bagi kulit yang baru saja dikikis lapisan atasnya. Gak usah berlebihan, tapi cari formula yang paling tepat. Kunci dalam mempertahankan kulit yang bagus on winter days adalah stay moist as long as possible.

Neutrogena Visibly Firm Face Lotion
credit: here
Aku menyarankan moisturiser dari Neutrogena Visibly Firm Face Lotion (SPF 20) yang jagoan banget bikin kulit wajah gak flaky di suhu minus 7 ^^ Untuk kulit tubuh, cari aja Vaseline Firming Body Lotion yang wana biru itu. Itu udah cukup moist, soalnya kan bagian tubuh dalam akan lebih banyak tertutup. Sedangkan untuk tangan, sebelum keluar rumah wajib apply hand cream yang mengandung lanolin plus beeswax dan sebisa mungkin pakai sarung tangan saat keluar ruangan. Itu juga sekalian bisa melindungi kuku.

Rumour has it katanya kalau moisturiser didalam kemasan jar lebih diva dibandingkan yang didalam kemasan botol. Konsistensi moisturiser dalam jar katanya lebih tebal daripada yang dibotol, which is very good on winter days.

Clinique Superbalm Lip Treatment
credit: here
Untuk bibir, favoritku adalah Clinique Superbalm Lip Treatment. Oh iya, kalau bisa saat diluar ruangan hindari memakai lipstick yang sejenis long lasting colour atau over do saat memakai lipgloss. Itu bisa bikin bibir jadi tambah kering dan akhirnya luka dan berdarah.

Tips tetap gaya tanpa bibir yang berwarna saat diluar ruangan, oleskan lip balm setebal mungkin di bibir supaya gak kering. Kalau gak pede dengan warna nude bibir, cari muffler yang oke dan lilitkan di leher dengan style yang memungkinkan muffler menutupi daerah mulut (sampai dibawah hidung). In advance, pertegas make up di area mata. Sumpah deh, itu bikin banyak laki pada nengok! Hahaha. All they can see is our eyes dan sukses bikin dilirik lawan jenis tanpa harus investasi banyak pada lipstick :-D Nanti setelah sudah sampai di tempat tujuan, pastikan tempat pertama yang didatangi adalah rest room dan silahkan apply shades lipstick favorit untuk mempercantik penampilan ^^

Susah-susah gampang memang mengakali kondisi kulit di saat udara mulai mendingin. Kunci nya cuma satu, stay moisturised! Keringnya kulit yang diakibatkan oleh turunnya suhu udara tidak bisa diperbaiki oleh berapa banyak pun air yang kita konsumsi. Satu-satunya cara untuk menjaga kondisi kulit adalah dengan merawatnya dengan telaten dari luar.

Kegiatan moisturising kulit saat winter days gak masalah untuk dilakukan berulang kali dalam sehari. Malah sangat dianjurkan untuk me-reapply lip balm ataupun hand cream disaat kita sudah merasakan udara yang mulai mengering ;-)

Have a good winter, specially for my friend Rara ^^ Kalau kurang winter coat atau boots, cari nya di toko anak-anak aja Ra. Aku juga beli nya di bagian Kinder. Pakai ukuran orang dewasa kegedean semua :-p Kecuali kalau belinya di H&M. Tapi ada gak H&M di Wismar? Hihihihihi.

See you in the next post, beauties ^^








Ps. Gaya pakai muffler nya adek Yamada Ryosuke dari Hey! Say! Jump ini boleh lho ditiru kalau gak pede keluar tanpa lipstick pada saat musim dingin ^^

credit: here

12 comments:

wuihhh ternyata malah ga boleh sering2 mandi ya o.O baru tau
thanks infonya ^^ haha

Ha ha sorry but i was laughing so hard when u say not to take a shower in hot or warm water. In my case here, that is impossible to do. I took cold showers in summer time but there is no way in hell i will ever take cold shower during winter. Everybody here will take warm/hot showers. Yes i agree abt taking a shower every other day n not everday. Like u said, the trick is to always moisturize. It is a MUST. Jar moisturizer is better during winter, i totally agree with that. I dont do body scrubbing simply because i dont have the luxury of enjoying long warm shower bcause i have 2 kids. It is impossible but for you guys sure totally do that. When it comes to lip, i put lip balm but my choice after that will be lipgloss (lipgloss does not make ur lip chapped. On the contrary, it is the only thing that helps me beside lip balm. I agree on not to put long lasting lipstick like those revlon 8hrs.). Great post! though u still dont recommend no1. The rest is pretty much true. :)

Vee.. iya, jangan sering mandi! Kalau ditanya ada gak saat dimana aku merasa betah di Seoul, jawabanku adalah ada. dan moment itu adalah pada saat winter dimana aku bisa gak mandi sama sekali dalam seminggu :-D

Rose... it's much safer not to take any showers then, yeah? That'd be the greatest option :-D I never liked getting a bath since I was a baby. Hahaha

waa gak usah jauh-jauh ke seoul kalo cuma gak mandi kak
rumahku kan kaki gunung merbabu, musim hujan rasanya brrrrr. . .
hoby kita sama tosssss. . .

Bath and shower are two diff things. There is no way that us, women, don't take a shower now do we? Anyway, if you guys can handle taking cold shower in the winter time, by all mean pls do. I am just saying in my case and my family, we cannot :)

mau ke koreaaaa~~~ aaaakk!!!
kakak bawa aku juga ke korea duongsss

Nietta... wah nampaknya seru tempat kamu tinggal ^^ kapan-kapan kami boleh main gak kesana? hehehehe

Rose... hehehe ;-) it really depends on the each person preference at the end, true? :-)

aku juga mau ke koreaa kaak XD kwkwkwkww

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More